Pejuang Laporan!

Berangkat dari keluh kesah, antara opini di kepala saya dengan fakta yg memang begini adanya. FMIPA banyak laporan! Banyak project! Tugas banyak! Presentasi! Jurnal lagi, jurnal lagi. Boro-boro dateng buat nge-dukung OMI, yg ini aja gak kelar-kelar! Muntab! (ini kalau gegaranya laporan sih)

Mahasiswa FMIPA apatis! Coba deh tengok mereka-mereka yg sibuk belajar demi meraih ipeka. Berapa banyak sih yg respek sama kegiatan fakultas, proker bem sendiri, sama kegiatan himpro? Sibuk cari nilai yg sempurna. Menikmati waktu yg sempurna buat belajar, demi masa depan cerah. Kalau ditanya, “fmipa lagi rame apa?” Diem, kicep. Syukur-syukur kalau masih nanya balik, “emang apa?” trus begitu kamu beres ngejelasin, si dia cuma melongo, nyebut “ooh..”, minimal ngangguk-angguk takzim.

Emang iya gitu, anak FMIPA kaya’ gini? Eh, tapi ada looh yg aktif. Aktifis. Aktif di bem, di himpro, jadi supporter gegana, kepanitiaan, aktif deh pokoknya. Kalau urusan bolak-balik dekanat udah ahli kaya nyetrika, lancar. Urusan ngedukung kontingen mipa di OMI, uh jago lah pokoknya. Yg teriaknya paling kenceng, paling depan, paling rajin datang. Bela-belain begadang buat ngurusin acara-acara bem, himpro, baru ngerjain laporan dan tugas. Giliran besoknya ngumpulin laporan or tugas? KO! Lihat aja tuh aktifis, masih sibuk-sibuk nyelesain laporan, nempelin gambar, sibuk nyalin tugas temen, haha. Atau sibuk minta maap ke temen karena gak datang kerja kelompok kemaren. Kasian bener dah.

Pernah juga nanya ke temen trus dapet jawaban kurang lebih, “yg penting seimbang, belajar, nugas, organisasi”. Emang sih, yg ditanya ini mencerminkan jawabannya. Tugas laporan beres, belajar bisa, organisasi ok, ipeka bagus, masih nambah daftar prestasi pulak. Tapi, seberapa banyak sih anak mipa yg begini? Hehe

2013_01_15 writing exams

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Laiin lagi sama mereka-mereka yg satu ini. Menikmati benar indahnya masa-masa jadi mahasiswa. Belajar mah belajar aja, ngerjain laporan, ya bareng-bareng laah. Mau ikut organisasi apa nggak itu kan pilihan. Yg penting punya waktu buat bareng-bareng ama temen, nggak egois sendiri. Update juga dengan hot issue fakultas, departemen. Kalau ada acara dimana kapan, musti tau. Kontributif, minimal dalam do’a, hehe

Satu lagi, (maap kalau tulisannya jadi panjang). Suatu hari, ada temen yg bilang gini (off the record), “gue sedih kalau ngeliat acara-acara yg diadain itu sepi, yg datang gak banyak. Gue sedih karena gue tau gimana susahnya panitia itu nyiapin acara. Karena gue nggak mau temen gue sedih, gue berusaha dateng walaupun sebentar. Seenggaknya buat ngasih support ke temen-temen yg punya hajat”.

Dari pengalaman ini saya belajar. Seenggaknya kalau temen-temen bilang ini masih jauh dari belajar. Paling nggak, begini lah kondisi mipa yg saya tangkap semenjak saya belajar. Nulis begini bukan buat menghakimi ato jadi justifikasi terhadap kelompok tertentu, tidak manapun, satupun.

Sering saya terbantu buat ngerjain tugas or laporan dari temen yg udah beres urusannya sama yg beginian. Kadang dilihatin juga waktu ngerjain, (saya nggak tau apa yg ada di pikiran mereka). Pernah juga, ngeliat temen yg pagi-pagi masih sibuk nyalin tugas, buat laporan (kalau yg ini saya tahu benar apa yg ada di pikiran saya). Pernah ngalamin dan pernah ngeliatin gimana rempongnya orang yg telat pas mau masuk kelas, nge-lab dan ada kuis. Kalau udah gitu, cuma pengen bilang, “ayo dong bantuin belajar, kalau kamu nggak mau ngeliat dia nyari jawaban gratis pas kuis”. Hooh.

Kalau kamu sering ditanya soal kesibukan, soal apa yg lagi rame dikerjain di mipa atau himpro. Ya jawab aja, kasih tau dan ajak temen-temen deket, temen-temen di kelas buat dateng di event kita, bersama. Kalau temen-temen kamu yg sibuk-sibuk di organisasi ini punya hajat, punya acara. Kasih dukungan, tanyain gimana kabarnya, berusaha hadir (kalau emang diundang hehe). Buruk-buruknya nggak tau, ya nanya aja meskipun acaranya udah beres. Kalau kamu emang antusias, tanya, tapi yg tulus. Kuncinya memang ini, respek. Saya bilang gini bukan berarti orang paling respek se-mipa, whe hehe. Cuma mau bilang, aku mah apa atuh (ya kalii). Kita ini sama-sama pejuang laporan! Udah tau emang banyak laporan!! Atau project (bagi yg punya). Justru karena kita masih sama-sama fmipa, kita bisa bareng ngerasainnya. Gak ada ruginya bagi waktu dengan dukung hajat keluarga mipa. Dateng ke OMI, ke acara bem, ikut kegiatan himpro, acara departemen, angkatan. Justru rugi kalau 5-10 taon lagi, saat nostalgia dengan kenangan di bangku kuliah yg ternyata flat, lempeng aja. Gak ada menarik-menariknya. Diceritakan kembali paling cuma dapet 1 bab, bab laporan, haha. Atau 2 bab, bab laporan dan si dia, hehe

Setiap kita punya peran masing-masing, di setiap peran pun ada kadar masalahnya masing-masing. Masing-masing dari kita punya kapasitas yg berbeda di dalam menanggung apa yg kita sebut dengan, “problem”. Punya pilihan yg nggak sama dalam menyikapi hidup. Sadar dengan ragam perbedaan ini, seharusnya membuat kita tidak perlu repot-repot ngurus perbedaan. Perbedaan itu anugerah boii. Cari saja, persamaannya, nikmati apa-apa yg bisa kita bagi justru dengan adanya perbedaan tersebut. Itu sih maksud tulisan ini, nggak tau yg baca nangkep apa nggak ya. Tapi makasih udah bela-belain baca ampe tulisan ini tamat. Maap kalau  kurang nyindir (nyindir diri sendiri sih ). The End. Semoga masa-masa kuliah kita menyenangkan.

Salam tulus,

Endar Widiah

Iklan

your comment here ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: