Esha Flora

Salaam everyone 🙂 lama rasanya nggak update blog ini, nggak ada alasan sih, hehe   Well, tulisan ini bercerita tentang aktivitas magang aku di Esha Flora (praktik lapang atau PL disingkatnya). Bicara soal Esha Flora, tempat ini menarik sekali! yg terbayang seketika tentang, “Home laboratory-Nursery”

Ruang Inokulasi
Ruang Ikubasi

Ownwer-nya Bp. Ir. Edhi Sandra, M.Si, kakak kelas jauh di Biologi hehe. Direktur utamanya Ibu Ir. Hapsiati, sama! kakak kelas jauh juga. Aktivitas Bp Edhi saat ini sebagai mahasiswa doktor dengan penelitian Rafflesia-nya, sementara Ibu Edhi mengelola kelompok tani Macodes, petani anggrek perkotaan.

Owner dan Ibu Direktur
Owner dan Ibu Direktur

Karakter lainnya dalam cerita ini, adalah A Denish-supervisor kami, Ust. Didi dan kawan-kawan sesama mahasiswa magang, ok ini mereka:

belakang: Fahmi browning tengah kanan: Dina, Gugun kontam, Ust. Didi, Apep pepton, A Denish, Tedi MS Depan Kanan: Ahad, Faizah, Astri, Iin, Jenab
belakang: Fahmi browning
tengah kanan: Dina, Gugun kontam, Ust. Didi, Apep pepton, A Denish, Tedi MS
Depan kanan: Ahad, Faizah, Astri, Iin, Jenab

Foto di atas, persis diambil setelah farewell mahasiswa UIN Bandung, jurusan Aroteknologi. Mereka udah beres magang dari minggu kemarin. Itu sertifikat kelulusan, ciee (selamat yaa!) Oya di Esha Flora ini, segala aktifitas ada (rasa-rasanya). Itulah kenapa disebut sebagai ruang inkubasi ide, dinamis sekali. Dua karakter Abah (karena sudah tua hehe), Abah Jum dan Abah Haji. Abah Jum ini tenaga ahli di Esha Flora, kalau Abah Haji adalah partner Bp Edhi dalam produksi alat-alat Lab. Beliau pengusaha juga, tiram fokusnya. Sekarang sedang merakit bioreaktor untuk jenis cendawan ini, keren deh. Padahal usia beliau sudah melampaui 60 tahun lhoo, tapi semangatnya ituu, wih! Kapan-kapan deh diceritain orangnya, hehe Nah, minggu lalu Esha Flora sekeluarga pergi ke Bandung untuk memberikan pelatihan terkait kultur tanaman di acara Diklat Kultur 2014. Tempatnya sih di Balai Pertanian Lembang. Kami pergi ber-6, keluarga Bp Edhi, aku dan rekanku, Ahad Sculple, haha

Diklat kultur tanaman di Balai Pertanian Lembang
Diklat kultur tanaman di Balai Pertanian Lembang

Perjalanan yang singkat, pergi jam 6 pagi-sampai di Bogor lagi jam 10 malam. Aku kebagian mengisi tentang “memasyarakatkan teknologi”, di bagian clossing statment. Singkat saja, tapi demi melihat antusias peserta diklat, terasa harapan untuk Indonesia berdikari. Ini soal biodiversitas dan kekuatan produknya di pasar bebas, semoga bukan omong kosong. Semoga setelah peserta ini pulang ke daerah masing-masing, produk unggulan daerah dapat diperbanyak, salah satunya dengan upaya kultur ini. Nah, sabtu kemarin, giliran para peserta ini yg menyambangi Esha Flora:

Antusiasme peserta diklat saat mengamati proses aklimatisasi tanaman
mengamati proses aklimatisasi tanaman
mengamati proses aklimatisasi
antusiasme peserta bertanya mengenai proses aklimatisasi
Mengamati proses karantina tanaman
Mengamati proses karantina tanaman

Para peserta diklat diajak berkeliling untuk mengamati proses kegiatan kultur dari tahap karantina, persiapan, hingga aklimatisasi atau penanaman kultur di ruang terbuka. Kali ini aku kebagian memandu acara, ini mirip dengan kegiatan interpretasi, menyenangkan sekali. Rumah Bp Edhi benar-benar ramai. Ramai dengan manusia-manusia yg tidak habis bertanya, disana-sini duduk 2-3 orang asyik berdiskusi, sementara di setiap ruang selalu hadir pos-pos demo untuk aktivitas yg berlangsung. Pak Haji asyik menjelaskan tentang alat-alat Lab dan cendawannya, Fahmi dengan pembuatan media, Sub-Kultur dipandu oleh Jenab dan Gugun, Pembuatan hormon didemo-kan oleh Mba Kikis, Sterilisasi alat dan bahan berlangsung di dapur, ada Ust. Didi yg sedang bercerita tentang pangalamannya mengkulturkan ribuan bibit pisang, well ini lebih dari sekedar laboratorium rumahan, dengan antusiasme belajar, ini merupakan Laboratorium Kehidupan. Terakhir, seremoni penutup diisi dengan kesan pesan, ucapan terimakasih dan foto bersama, sekarang sudah aku dapatkan fotonya:-), hehe..

peserta diklat kultur 2014
peserta diklat kultur 2014
Panitia Diklat-Saya-Esha Flora
Panitia Diklat-Saya-Esha Flora

Sudah, sampai disini dulu yaa

alamat Esha Flora: Jalan Kemuning VI Blok M6/9, Taman Cimanggu, Bogor, Indonesiame

See you in another life story:-) Assalamualaykum

Iklan

your comment here ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: