Zindegi

“Pixel semesta..”

Perjalanan akan menyuguhkan padamu film dokumenter yang luar biasa, mahakarya pencipta semesta. Ada  banyak sekali keajaiban yang tersembunyi dari matamu dan bersiap untuk ditemukan, kapan saja, dimana saja.

Simpan gadged-mu sejenak, lepaskan headset, sembunyikan jam tangan, lempar koin, ambil cara yg berbeda untuk memulai perjalanan, ikuti kata hatimu. Duduk di pinggir jendela kendaraan akan selalu menarik untuk merenung sendiri, ambil kursi lain, berbicaralah dengan orang disebelahmu.

Ajaklah dirimu untuk berpikir tentang apa yg sedang berlangsung. Lalu lalang manusia dari dan kemana akan pergi, untuk tujuan apa mereka bergegas, citra apa yg hendak mereka katakan dengan macam penampilan. Perhatikan wajah dan ragam ekspresi, meraba rasa yg tak dikata.

Dengarkan seksama gelombang suara yg mampir di ambang pendengaran, keluarkan sepenggal kata untuk menyapa dan sepotong senyum. Lihat umpan balik yg diberikan dunia padamu. Sesungguhnya sebuah kebaikan hanya akan bersambung dengan kebaikan lainnya, bereksperimenlah. Pikiranmu akan otomatis menganalisis.

Itulah mengapa perjalanan mencerdaskan jiwa. Bersyarat, jika seluruh panca indera, pikiran, dan perasaan terlibat. Explorasi kehidupan dan temukan beragam cita rasa, meriahkan dengan keceriaan, atau hening dalam renungan, renyah haru, derai tawa, perih dan pilu. Kau mungkin akan temukan luka dan kesedihan pada banyak bagian, atau kebohongan dan kepalsuan manusia, macam topeng dan kebanggaan, simpan saja pada hati yg sama. Semuanya akan berguna bagimu untuk membangun cinta, meluaskan hati untuk mencintai semesta.

Ada banyak sekali makhluk Allah swt yg miskin cinta dan kasih sayang di muka bumi ini.

Miskin penghargaan dan pengertian, dan tak punya telinga untuk mendengarkan apa yg orang lain katakan. Ada banyak.

Mengertilah, tidak semua orang mampu menemukan pemahaman. Sadarlah, tidak banyak yg tersadar untuk ingat. Didik dan latihlah diri, akal dan jiwa. Maka akan mudah bagimu melakukan hal yg sama pada lingkungan nantinya. Berbagilah sapa dan tawa, semua bagian dari dirimu begitu berharga, kenalkanlah pada sesama. Hangatkan dan buatlah nyaman, dengan ini manusia berebut saling suka. Karena itu yg melandasi kebutuhan jiwa

Memanusiakan manusia. Melihat orang lain sebagaimana citra dan karakternya, muliakan hanya karena akhlak, bukan jabatan, status sosial, atau tampilan fisik.

Zindegi, bahasa India= “a loboratory of life”.

Taree Zamen Par
Taree Zamen Par

Salam inklusif!

Iklan

your comment here ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: