Borneo Cuisine: Kulit buah yg senikmat daging

Salaam everyone 🙂

Kali ini edisi santapan lezat dari tanah Dayak. Pernah dengar kata, “Mandai”? Ini sebutan untuk makanan yang diolah dari kulit buah super legit, Cempadak. Ini nih buahnya:

Gambar hasil googling: Buah Campadak
Gambar hasil googling: Buah Campadak

Heran? Hahaa

Ini makanan lezat tiada duanya loh 🙂

Yang nggak suka daging hewani, ini versi “daging nabati”nya. Sok mangga boleh dicoba.

Orang-orang Suku Banjar, Kalimantan Selatan menyebutnya dengan nama, “Mandai”. Makanan yang diolah dari kulit Buah Campadak yg telah dibersihkan bagian luarnya. Rasanya gurih, renyah-legit beraroma manis. Jika digoreng kering kemudian dimasak dengan cabai pedas dan disajikan dengan nasi panas di siang bolong, plus satu buah kelapa hijau segar. Sudahlah, itu kenikmatan dunia ada di dalam genggaman, haha.

Uniknya, Mandai adalah jenis makanan yang awet disimpan bahkan selama setahun penuh. Bernilai ekonomis karena semakin lama Kulit Campadak ini disimpan dalam air garam, aromanya akan semakin kuat dan rasanya ketika diolah jauh lebih gurih, legit, dan renyah. Dengan demikian aku menyebutnya daging nabati, karena memang benar-benar senikmat daging, nyamm.

Well, berikut resep gratis olahan Mandai. Selamat mencoba 🙂

Borneo Cuisine: Mandai bumbu
Borneo Cuisine: Mandai bumbu

Bumbu:

4 siung bawang putih

3 siung bawang merah

1 cm lengkuas, dimemarkan

10 buah cabai pedas

1 ruas serai

2 lembar daun jeruk

1 sdm gula aren

1 sdt garam

Bahan:

250 gram kulit Campadak, bersihkan potong-potong lalu goreng kering

100 gram Leunca segar

Prosedur: 

Tumis bumbu hingga beraroma, kemudian tambahkan serai dan daun jeruk.

Masukkan kulit Campadak dan tambahkan 150 cc air, tunggu 15 menit.

Masukkan Leunca segar, aduk-aduk selama 3 menit lalu angkat.

Sajikan dengan nasi panas.

untuk 2 porsi.

Cita rasa masakan amat lekat dengan budaya. Kekayaan Nusantara termasuk ragam jenis masakannya memiliki kunci kelezatan pada segala jenis rempah yang kita miliki. Suatu ke-khasan yang tidak dimiliki oleh negara-negara lainnya. Dan Indonesia, sungguh kita benar-benar kaya.

Sudah mendarah daging cita rasa masakan Nusantara sehingga anak-anak rantau, tidak bisa tidak, selalu merindukan apa-apa yg pernah dimasak dari dapur ibunya. Nah, berbagi kenangan, berbagi kenikmatan dari Utara mata angin Indonesia, Borneo Cuisine menyajikan rahasia olahan lezatnya. Selamat mencoba, dan selamat menikmati 🙂

Iklan

4 thoughts on “Borneo Cuisine: Kulit buah yg senikmat daging

Add yours

your comment here ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: