Chamos and Milos: the battlefield doctor

Chamos dan Milos si APEL BUMI. Hadiah Tuhan untuk menyembuhkan rasa sakit. Tanaman ini yg dalam konsep edge effect-nya ekologi, tumbuh di pinggiran lahan pertanian.

Dia berasal dari Eropa, tersebar ke Afrika dan beberapa bagian Asia.
Peradaban Mesir Kuno membutuhkannya untuk mengawetkan mumi Fir’aun. Sementara dokter Yunani, Hippocrates, menggunakannya untuk terapi berbagai penyakit.

Kita mengenalnya dengan nama Chamomile, akar kata dari Chamos-tanah dan Milos-Apel. Dalam bahasa Indonesia dia dipanggil dengan Kamalia. Penyanyi legendaris kita Ebit G. Ade meminjam namanya untuk menyanyikan lirik lagu yg berisi bait-bait kegundahan akan impian, dialah “Camellia”. Dan kita hampir selalu mendapati hangatnya pelukan Chamomile ini terhadap para bunga, di dalam buket bunga saat wisuda, atau pada ucapan-ucapan selamat dan bahkan duka cita.

Chamos dan Milos, dia disebut apel bumi, karena tumbuh rendah di tanah dengan bunga-bunga mungil menyembul dan beraroma seperti apel.

Para alkemis dahulu berhasil menyuling minyak atsiri pada ekstrak Chamomile yg mudah sekali menguap tapi memiliki kekuatan menyembuhkan yg begitu hebat. Saat ini bahan aktifnya telah diketahui dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti-mutagen, analgesik, antiseptik, antipasmodik, antioksidan merupakan obat penyembuh untuk banyak penyakit. Dalam kondisi segar, keberadaan tumbuhan ini di dekat tanaman yg sakit pun mampu menyembuhkan, dialah dokter tanaman.

Chamomile adalah hadiah dari Tuhan untuk menyembuhkan rasa sakit, meredakan kekhawatiran, menenangkan, dan menciptakan rasa nyaman. Dia hadiah dari Tuhan untuk menjaga kecantikan dan mempertahankan usia sel, hingga tubuh mampu menangkal radikal bebas, tetap segar dan muda.

Hadiah yg aku kira sengaja Dia kirim untuk manusia yg sedang menikmati medan masa muda. Berada di medan ini tentu penuh tantangan, mungkin juga rintangan sehingga membutuhkan ketenangan dan imunitas yg memadai,

dan sesekali penyembuhan 🙂

Well, tulisan selesai, bersama segelas kosong teh Chamomile, di Bogor hujan dan dingin. Selamat pulang kembali, iin 🙂

chamomile-flowers-summer-grass-herbs1st
Chamomile blossoms (Google search)

Note: Chamomile digunakan sebagai herba untuk mengobati kecemasan, insomnia, disminore, gangguan pencernaan, gastritis, diare, gangguan kulit, kolestrol. Sebagai herba untuk kecantikan dan anti-aging. Kalau masih penasaran, sila guna keywords: “Chamomile”, “herb medicine” untuk pencarian.

 

Iklan

your comment here ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: