Foods hunter (series)

Assalamualaykum ^_^

Haai.. Apa kabar?

Kali ini aku sedang mengerjakan proyek kecil untuk mengumpulkan berbagai resep yg sudah berhasil dibuat di dapur kecapi beserta dokumentasinya. Kerena proyek ini dikerjakan dari hasil mengumpulkan remahan waktu, jadi istilah menulisnya “series” deh. Oya, proyek ini diberi nama “Foods hunter”, bukan karena aku pemburu makanan haha. Ini lebih karena maksudnya adalah untuk menemukan komposisi ideal dari bahan makanan, mudah membuatnya dan nikmat rasanya, serta memenuhi kualitas halal lagi baik.

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” QS. Al-Baqarah 168

Mukaddimah

Makanan yg halal sangat berlimpah macamnya. Ini karunia Tuhan kepada manusia. Dia bahkan hanya menyebutkan beberapa makanan saja yg diharamkan (rujuk al-Qur’an dan Hadits). Jadi tidak akan susah mencarinya, apalagi kalau kamu mau masak sendiri. Tentu kesucian makanan yg masuk ke dalam tubuhmu akan lebih meyakinkan.

Berikutnya adalah makanan yg baik. Baik ini bermakna luas. Aku sendiri memahami bahwa makanan yg baik adalah yg bebas bahan berbahaya, memiliki kualitas gizi sempurna, tidak cacat selama melewati proses produksi dan distribusi, juga tidak rusak akibat keliru mengolahnya. Jika demikian, kita tentu perlu berlatih untuk memilih bahan-bahan makanan (natura) tersebut. Pun demikian dengan pengetahuan dan keterampilan mengolah serta menghidangkan.

Bagian tadi cukup kompleks menurutku, karena untuk mendapatkan makanan dengan kategori “baik” juga harus memiliki cukup pengetahuan terhadap kondisi siapa yg akan mengkonsumsinya? Beberapa makanan tertentu sudah berada pada kategori baik, namun menjadi tidak baik karena disajikan kepada, misalnya orang yg memiliki kadar gula darah yg tinggi.

Tidak cukup sampai disitu, memperoleh makanan yg baik juga perlu mempertimbangakan kombinasi dari natura. Misalnya, dalam mengolah bayam, bagian daun dimasukkan pada menit terakhir karena memiliki jaringan yg lebih lunak dari batangnya. Vitamin C dalam tomat mudah sekali menguap karena itu lebih baik digabungkan setelah sayur matang, atau jika tidak suka aromanya-bisa dimasukkan di menit terakhir. Untuk menumis, gunakan api kecil. Temperatur tinggi dapat mengubah ikatan cis menjadi trans dalam minyak dan menjadikannya bersifat karsinogenik. Timun memiliki kandungan sterol, itu baik untuk mengurangi penyerapan kolestrol di dalam usus. Tambahkanlah timun saat menyantap daging.

Itu tadi sekilas tentang beberapa cara mengolah natura. Ada banyak bahan yg seiring dengan seringnya kita berlatih dan mencari tahu, pengetahuan kita untuk mendapatkan makanan terbaik akan bertambah. Sehingga kita dapat memenuhi perintah Tuhan agar memakan hanya yg halal lagi baik sajalah dari apa yg terdapat di muka bumi.

Makanan, seperti yg umumnya kita ketahui, selain sebagai kenikmatan juga merupakan obat penawar, tidak hanya untuk tubuh tapi juga jiwa. Pertama, ini karena kandungan makanan yg diramu dari beberapa bagian tertentu dapat menghasilkan obat untuk suatu penyakit. Kedua, perasaan-perasaan yg umumnya kita ketahui sebagai suasana hati atau mood. Itu diatur oleh sistem hormonal dan makanan yg masuk ke dalam tubuh memberikan pengaruh terhadap kerja-kerja hormon. Ketiga, makanan-makanan yg suci yg masuk ke dalam tubuh, yg dimakan dengan cara yg baik akan mampu menghadirkan ketenangan jiwa dan keluasan pikiran. Aku akan ceritakan lain kali ya 🙂

Dan pastikan makanan yg masuk ke dalam tubuh adalah yg halal lagi baik. Dia penyebab diterima atau tidaknya do’a seorang hamba.

Dari Abu Hurairah ia berkata; Rasulullah Saw bersabda: “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu baik. Dia tidak akan menerima sesuatu melainkan yang baik pula. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya: ‘Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.’ Dan Allah juga berfirman: ‘Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik-baik yang Telah menceritakan kepada kami telah kami rezekikan kepadamu.'” Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menceritakan tentang seroang laki-laki yang telah lama berjalan karena jauhnya jarak yang ditempuhnya. Sehingga rambutnya kusut, masai dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdo’a: “Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.” Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dengan makanan yang haram, maka bagaimanakah Allah akan mengabulkan  do’anya?.” (H.R. Muslim)

Well, sudah berpanjang kata dalam mukaddimah tadi. Kali ini aku akan menampilkan daftar resep dan dokumentasinya disini. Jargon dari proyek Foods hunter ini adalah “Faster, Easier, Moreish”. Nah, tolong vote by do’a supaya aku konsisten buat update-nya yah, hehehe..

  1. Nasi Remas Tetempe
Remas sambal tempe teri1
Remas “Teri Tempe”

Bahan:

Teri 100g (goreng 1/2 kering-tiriskan), Tempe 2 potong (100g remas), Petai 2 biji (iris tipis)

Bawang merah 1 siung, bawang putih 2 siung, cabai merah 2 buah, cabai rawit 3 buah, tomat matang 1 buah (haluskan bahan).

Garam 1 sdt dan sari kurma 1 sdm (pengganti gula), 2 sdt minyak untuk menumis.

Prosedur:

Tumis bahan yg telah dihaluskan dengan api kecil (2 menit). Masukkan petai dan tempe remas disusul dengan teri lalu aduk sampai matang (5 menit). Matikan api, masukkan sari kurma dan garam, aduk hingga tercampur.

Hidangkan bersama potongan timun.

Untuk 1-2 porsi.

2. Nasi Gurih Salmon Campignon

salmon bacem1
Nasi Gurih Salmon Campignon

Bahan:

Salmon 150g (potong kotak), beras pera:pulen (1:1) 250g, jamur Campignon 6 buah (iris tipis).

Rempah (tumis): Bawang putih 3 siung (haluskan), lada hitam 1 sdt, tomat 1 buah, serai 1 batang (memarkan), gula merah 1 sdm, garam 1 sdm, daun salam 3 helai, daun jeruk 3 helai, bawang bombay 1/2 buah (cincang).

Prosedur:

Cuci beras kemudian tambahkan air lebih kurang 500mL, masukkan salmon, jamur, dan rempah lalu aduk. Masak dalam Rice cooker.

Hidangkan bersama bacem tahu tempe

Untuk 3-4 porsi

3. Nasi Bukhari

nasi bukhari1
Nasi Bukhari

Bahan:

Beras bismati atau bisa gunakan pera:pulen (1:1) 250g, daging (kali ini ayam), wortel 1 buah (iris tebal)

Rempah (tumis): kayu manis 5 cm, daun salam 3 helai, daun jeruk 3 helai, gula merah 1sdm, garam 1 sdm, serai 1 batang (memarkan), kunyit 5 cm, bawang putih 3 siung (haluskan), bawang bombay 1/2 buah (cincang).

Prosedur:

Cuci beras lalu tambahkan air kurang lebih 500mL, masukkan daging ayam, wortel, dan rempah lalu aduk rata. Masak dalam Rice cooker.

Untuk 3-4 porsi

4. Nasi Goreng Tuna

nasi goreng tuna1.jpg
Nasi Goreng Tuna

Bahan:

Nasi (dari beras pera) 1 porsi, abon tuna 3 sdm, tahu 1/2 kotak, kol 3 lembar, tomat 1 buah, lada hitam 1 sdt, garam secukupnya, kecap manis 1 sdm, timun (untuk lalapan).

Prosedur:

Masukkan semua bahan ke dalam wajan, campur merata. Hidangkan bersama timun selagi panas.

Untuk 1 porsi.

5. Schotel Merang

schotel shake1.jpg
Schotel Merang

Bahan:

Jamur merang 4 buah, makaroni 1 sdm, daging ayam 1 sdm, tahu 1 kotak, kol 2 lembar, telur ayam 1 butir, tomat merah 1 butir (iris tipis), air 50mL.

Rempah: bawang putih 1 siung dan bawang merah 2 siung (cincang), cabai hijau 1 buah (iris tipis), lada hitam 1 sdt, garam 1 sdt, brown sugar 1 sdt.

Prosedur:

Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk lalu kocok, tuang ke dalam mangkuk/pinggan tahan panas. Masak dalam Rice cooker selama 20 menit. Hidangkan panas-panas bersama saus.

Untuk 1-2 porsi.

SALAM MERDEKA DALAM SELERA!

Iklan

One thought on “Foods hunter (series)

Add yours

your comment here ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: