Kecapi Borneo

Kecapi Borneo adalah salah satu kata favorit dari kamus kosa kata masa kecilku. “Kecapi” dan “Borneo”, tepat menggambarkan dunia kecil tempat masa anak-anak telah aku habiskan. Adalah kesan yang terpatri di dalam jiwa setiap anak manusia bagaimana masa kecil itu dihabiskan. Kecapi sendiri merupakan nama buah introdus dari Indochina dan Penisular Maaysia yang penyebarannya meliputi India, Indonesia, Borneo dan negara-negara Asia Tenggarang lainnya. Dengan demikian Kecapi adalah buah tropis (pranala wiki). Buah ini disebut juga buah kelampu, ranggu, atau sentul dalam bahasa melayu, pun nama latin buah ini tampak berejaan Indonesia kuno, Sandoricum koetjape.

Hubungannya dengan Borneo?

Pohon Kecapi ini tumbuh di tanah Kalimantan, tepatnya hutan kecil dibelakang rumah dinas orang tuaku saat itu. Masa kecil aku habiskan dengan eksplorasi bersama teman-teman, pergi melakukan perjalanan yang kami sebut sebagai ”penjelajahan” ke dalam hutan kecil tersebut. Melalui penjelajahan-penjelajahan ini aku dan teman-teman banyak belajar. Bagaimana sebuah kerendah-hatian alam dalam menopang banyak kehidupan di dalamnya. Biasanya setelah lelah menangkap ikan di kolam-kolam rawa yang terbentuk pada musim kemarau, kami beristirahat di pohon besar tinggi menjulang, Kecapi. Pada lain waktu, kami hanya pergi untuk tujuan memanen buahnya yang telah ranum kekuningan. Buah Kecapi mirip dengan manggis dan mungkin saja bersaudara, hanya saja kini setelah tahu taksa yang diciptakan para ilmuwan, dan ternyata memisahkan keduanya ke dalam bangsa yang berbeda.

Kecapi, mengingatnya mampu menghadirkan kembali kehangatan persahabatan masa kecil, riang dan sorak sorai anak-anak dalam balutan ekosistem yang masih bertahan dalam keseimbangan, equilibrium. Tanah Borneo menjadi saksi sejarah, tentu saja sebagai pengenang masa kecil yang melontarkan perasaan yang sama untuk menciptakan kehangatan, persahabatan dan keseimbangan ini di masa depan.

buah kecapi (1)
Sandoricum koetjape (Gambar intl.)
Iklan

4 thoughts on “Kecapi Borneo

Add yours

  1. suka sama deskripsi namanya, galeri fotonya juga bagus-bagus loh. 😀
    itu motret sendiri kan ya? saran, setiap fotomu dikasih semacam signature gitu. Misal, @kecapiborneo atau apalah. Keep write and share ya dek 🙂

    anyway, foto profilnya cantik

    1. Haha, benar kata Sekar..
      Apalagi kalau berhasil dapat foto satwaliar yang bagus.. Itu sangat berharga!! (by: pencinta satwaliar)
      Biar fotonya gk “diaku” ma orang jadi tiap foto diberi “watermark”, hehe.. 😀

your comment here ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: